Pesan Tahun Baru Ketua Jagat Sastra Milenia / Pimpinan Umum Sastramedia - Jagat Sastra Milenia

JSM News

Pesan Tahun Baru Ketua Jagat Sastra Milenia / Pimpinan Umum Sastramedia

Pesan Tahun Baru Ketua Jagat Sastra Milenia / Pimpinan Umum Sastramedia

PESAN TAHUN BARU KETUA JAGAT SASTRA MILENIA / PIMPINAN UMUM SASTRAMEDIA





PESAN TAHUN BARU KETUA JAGAT SASTRA MILENIA / PIMPINAN UMUM SASTRAMEDIA


Assalamu alaikum wr wb


Para sahabat yang terkasih.


Tahun 2022 adalah tahun yang penuh dinamika untuk Komunitas Jagat sastra (JSM) Milenia serta media sastra daring Sastramedia. Ini ditandai dengan berbagai aktivitas yang semakin hari semakin menbuat matang JSM termasuk Sastramedia dan JSM Press dalam menjalankan program kerjanya.


Ada 9 buku yang diterbitkan oleh JSM melalui JSm Press tahun ini, yaitu "Ibu Menanak Nasi Hingga Matang Usia Kami" (kumpulan puisi Emi Suy), "Lima Titik Nol" (antologi puisi bersama), "Metaverse" (kumpulan puisi Riri Satria), "Jelajah" (kumpulan esai Riri Satria), "Sang Apresiator" (kumpulan catatan bersama), "Kaidah Puisi dan Akidah Kepenyairan" (kumpulan esai Sofyan RH Zaid), "Modus yang Tulus" (kumpulan puisi Dhe Sundayana), "Stasiun Rupa Aksara" (kumpulan puisi Erna W. Wiyono), serta "Kata Terpilih Kita Menjadi" (kumpulan karya nominator Anugerah Sastramedia).


Alhamdulillah, JSM produktif dan banyak karya yang dihasilkan serta mengajak para sahabat sastra semua untuk tetap berkarya. Semoga memberikan manfaat dan kontribusi kepada dunia sastra Indonesia. Mengenai mutu karya, JSM tentu akan selalu berupaya untuk membuatnya lebih baik hari demi hari dengan terus-menerus belajar. Insya Allah dengan niat yang tulus dan kegigihan dalam berkarya, semuanya bisa dicapai walau butuh waktu.


Alhamdulillah juga, setelah sekian lama, akhirnya rombongan JSM juga bisa melakukan perjalanan literasi untuk menghadiri dua acara besar di luar pulau Jawa, yaitu Festival Sastra Internasional Gunung Bintan 2022 serta Temu Penyair Asia Tenggara II 2022. Pada perjalanan ke Ranah Minang, semua pengurus ikut serta. Semoga semua menjadi pembelajaran.


Berbagai acara pun berhasil JSM lakukan dengan baik, yaitu Peluncuran Buku Puisi Emi Suy, Peluncuran Buku Puisi Lima Titik Nol, Peluncuran Buku Riri Satria, Lomba Baca Puisi Memperingati Seabad Chairil Anwar, Peringatan Ultah Kedua JSM sekaligus peluncuran buku Sofyan, Erna, Sundayana, serta kumpulan karya nominator Sastramedia, kerjasama dengan Rabuang Gadiang dan Pemkot Bukittinggi untuk dua acara: Temuwicara Tentang Perempuan Penyair serta Silaturahmi Puisi di Jam Gadang, serta kerjasama dengan Indonesia Hidden Heritage Creative Hub (IHHCH) berupa diskusi buku Pak Alijullah Jusuf.


Disamping itu, tahun 2022 juga ditandai dengan keputusan beberapa personel JSM untuk menempuh jalannya masing-masing yang baru. Ini tentu sah-sah saja, karena setiap kita memiliki visi, misi, dan tujuan hidup yang berbeda-beda. Dalam teori organisasi ini namanya disruption dan ini adalah hal yang wajar dalam kehidupan berorganisasi. Semoga semua mencapai kesuskesan dan bahagia.


Sahabat yang terkasih


Hari ini adalah hari terakhir tahun 2022. Semoga kita dapat melakukan perenungan atau kontemplasi sejenak dan merumuskan hal-hal yang lebih baik menyambut tahun 2023 untuk kita lakasakan nanti.


Sejatinya tahun baru tidaklah semata perayaan atau seremonial belaka. Ini adalah momen kontemplasi, perenungan diri, sampai dengan membangun langkah-langkah baru, semangat baru, bahkan mungkin visi yang baru. Seperti tunas-tunas pohon yang baru, di mana suatu saat dia akan menjadi besar dan memberikan manfaat bagi lingkungan.


Apa gunanya perayaan pesta kembang api, bakar-bakar ikan dan makanan enak lainnya, berkumpul bersama-sama, kalau seandainya tidak ada yang berubah dari diri kita. Tak ada semangat baru, tak ada terobosan baru dalam hidup, semua datar-datar saja. Mubazir bukan? 


Seperti kata filsuf Perancis, Rene Descartes, "cognito ergo sum, atau "I think, therefore I am" atau "Aku berpikir maka aku ada", maka semua langkah-langkah baru, semangat baru, bahkan mungkin visi yang baru, adalah hasil pemikiran kita, hasil perenungan dan kontemplasi, maka itulah yang membuat kita ada atau hidup.

Kita sering mendengar kalimat "hari ini lebih baik dari kemarin, hari esok lebih baik daripada hari ini". Ini adalah prinsip manajemen mutu kehidupan yang selalu ingin lebih baik dan terus lebih baik lagi. 


Secara garis besar, program JSM dan Satsramedia tahun 2023 akan mirip dengan tahun 2022, namun kita, Insya Allah, akan menyelenggarakan semacam JSM Literary Festival pas Ulang Tahun JSM ketiga nanti, sekitar Oktober 2023. Kita tetap menerbitkan buku-buku yang sudah meelwati proses evaluasi sehingag dapat terjaga kualitasnya.


Selamat Tahun baru 2023 untuk sahabat semua. Secara pribadi, saya menghaturkan mohon maaf sebesar-besarnya jika dalam memimpin JSM atau berinteraksi dengan sahabat semua ada sikap yang tidak berkenan, tidak menyenangkan, menyebalkan, yang membuat sahabat kecewa atau marah, baik untuk semua personel JSm, maupun sahabat sastra semuanya. Sekali lagi, mohon dibukakan pintu maaf yang sebesarnya.


Terima kasih untuk semua kerjasama yang baik selama ini dan Insya Allah akan berlanjut menjadi lebih baik lagi.


Selamat Tahun Baru 2023 hal-hal baru dalam diri kita, langkah-langkah baru, semangat baru, bahkan mungkin visi yang baru. Insya Allah kita bisa!


Wassalam

Riri Satria

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact