Call for Poetry: Antologi Puisi Bersama 2024 Komunitas Jagat Sastra Milenia - Jagat Sastra Milenia

JSM News

Call for Poetry: Antologi Puisi Bersama 2024 Komunitas Jagat Sastra Milenia

Call for Poetry: Antologi Puisi Bersama 2024  Komunitas Jagat Sastra Milenia

Call for Poetry

Antologi Puisi Bersama 2024

Komunitas Jagat Sastra Milenia (JSM)

"Dunia & Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDG) dalam Puisi"



Tahun 1980, Lembaga Studi Pembangunan Indonesia (LSPI) menerbitkan buku kumpulan puisi berjudul Potret Pembangunan dalam Puisi karya Rendra. Maka, mari kita lanjutkan semangat tersebut dengan "Dunia & Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDG) dalam Puisi" sebagai topik utama Antologi Puisi Bersama 2024, Komunitas Jagat Sastra Milenia (JSM), Jakarta.


Pembangunan berkelanjutan merupakan agenda besar umat manusia untuk mencapai kemakmuran bersama di dunia pada tahun 2030 atau yang kita kenal dengan istilah SDG 2030. Pembangunan berkelanjutan terdiri dari tiga bidang, yakni pembangunan ekonomi, pembangunan sosial, dan pembangunan lingkungan hidup dan alam. 


Deklarasi Universal Keberagaman Budaya oleh UNESCO (2001) mendalami konsep pembangunan berkelanjutan dengan menyebutkan bahwa, "...keragaman budaya penting bagi manusia sebagaimana pentingnya keragaman hayati bagi alam". Dengan demikian, "pembangunan tidak hanya dipahami sebagai pembangunan ekonomi, tetapi juga sebagai alat untuk mencapai kepuasan intelektual, emosional, moral, dan spiritual". 


Ada 17 tujuan pembangunan berkelanjutan yang bisa dijadikan tema dalam puisi, yakni: 

(1) Tanpa Kemiskinan; (2) Tanpa Kelaparan; (3) Kehidupan Sehat dan Sejahtera; (4) Pendidikan Berkualitas; (5) Kesetaraan Gender; (6) Air Bersih dan Sanitasi Layak; (7) Energi Bersih dan Terjangkau; (8) Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi; (9) Industri, Inovasi dan Infrastruktur; (10) Berkurangnya Kesenjangan; (11) Kota dan Permukiman yang Berkelanjutan; (12) Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab; (13) Penanganan Perubahan Iklim; (14) Ekosistem Lautan; (15) Ekosistem Daratan; (16) Perdamaian, Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh; (17) Kemitraan untuk Mencapai Tujuan.


Dengan demikian, sesuai dengan visi dan misinya, komunitas Jagat Sastra Milenia (JSM) mengajak para penyair dan pencinta puisi ikut terlibat dalam mengawal agenda SDG 2030 -terutama di Indonesia- melalui puisi. Sebagaimana kata Rendra: perjuangan adalah pelaksanaan kata-kata!


Salam 

Riri Satria

(Ketua Jagat Sastra Milenia)


_____________

Lampiran:


Syarat dan Ketentuan


  1. Terbuka untuk umum
  2. Satu Orang hanya boleh mengirim satu naskah
  3. Maksimal 3 puisi terbaik karya sendiri dalam bahasa Indonesia
  4. Tema puisi relevan dengan topik (silakan riset dari berbagai sumber)
  5. Sertakan foto dan bionarasi maksimal 200 kata di akhir lembar puisi
  6. Program ini tidak bertujuan komersial
  7. Tidak disediakan honor bagi puisi yang dimuat, tapi akan mendapatkan satu eks buku sebagai bukti terbit dan ongkir ditanggung panitia
  8. Batas pengiriman: 31 Juli 2024, 23.53 WIB
  9. Dokumen Ms Word dikirim ke: jsmilenia@gmail.com dengan subjek: Nama_Asal 
  10. Buku akan diluncurkan pada perayaan HUT JSM ke-4, 10 Oktober 2024
  11. Tim Kurator: Emi Suy, Riri Satria, Rissa Churria, Sofyan RH. Zaid


KETUA PELAKSANA & NARAHUBUNG:
Nunung Noor El Niel (+62 813-1109-6260)



Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact