Writing Trip JSM #1 ke Gunung Pancar dan Villa Aman D'Sini, Sentul, Bogor, Jawa Barat - Jagat Sastra Milenia

JSM News

Sejak berdiri pada bulan Oktober 2020, Komunitas Jagat Sastra Milenia telah melaksanakan sejumlah program dan menggelar beberapa kegiatan, seperti forum diskusi, podcast, seminar, parade baca puisi, serta peluncuran dan diskusi buku, yang diadakan baik secara daring dan luring, di berbagai tempat di Jakarta dan sekitarnya.

Pada hari Minggu, 19 Juni 2022, JSM mengadakan kegiatan yang berbeda dari biasanya, yakni Writing Trip JSM #1 ke Gunung Pancar dan Villa Aman D'Sini, Sentul, Bogor, Jawa Barat. Kegiatan ini diikuti oleh sebagian pengurus dan anggotanya, seperti Riri Satria, Nunung Noor Elniel, Rissa Churria, Ririen Fina, Erna Winasih Wiyono, Dhe Sundayana Perbangsa, Teddy Arte, dan Sofyan RH. Zaid.

Sesuai arahan Ketua JSM, Riri Satria, kami bertitik kumpul di Pizza Hut, pintu tol Cibubur tepat pukul 08.00 WIB yang diawali dengan minum kopi dan sarapan pagi."Yuk kita berangkat, jalan-jalan sambil  menulis ," ajak Riri tepat pukul 09.12 WIB. Kami pun meluncur ke arah Sentul Bogor dengan dua lokasi tujuan: Lereng Gunung Pancar dan Villa Aman D'Sini.

Lokasi pertama yang kami tuju, lereng Gunung Pancar. Kegiatan dimulai dengan hepi-hepi, seperti jalan-jalan, dan foto-foto di sejumlah objek unik. Kemudian dilanjutkan dengan sesi santai-santai, yakni penulisan puisi bersama yang dipandu oleh Sofyan RH. Zaid sambil istirahat dan menikmati kudapan segar.

Sebab puisi memang tak harus jadi di lokasi, kami pun melanjutkan perjalanan ke Villa Aman D'Sini yang jaraknya sekitar 6 KM. DI Villa Aman, kami awali dengan makan siang bersama, kemudian ngobrol -semi rapat- perihal apa dan bagaimana JSM ke depan yang dipimpin oleh Riri Satria.

Waktu berlalu begitu cepat, hari sudah sore. Kami pun sepakat untuk turun dari lantai dua Joglo menuju balkon villa. Di mana kami dapat melihat dan berhadap-hadapan dengan puncak gunung Pancar. Spontan tentu saja kami foto-foto dengan view yang menakjubkan. Kita seperti berada di atas awan.

Sebagaimana pesta, perjalanan pun harus diakhiri. Kami turun dan meluncur ke arah Jakarta untuk kembali pada rumah masing-masing. Di jalan sebelum berpisah, Nunung Noor Elniel teriak: "Jangan lupa ya, puisi nanti jadikan dan kumpulkan!"

Keesokan harinya, Riri Satria yang melempar puisi pertama kali di Grup WA, lalu disusul oleh yang lain. Puisi-puisi yang dilempar pun kami diskusikan bersama dari segi kelebihan dan kekurangan. Saling kritik pun terjadi dengan tensi tinggi dan argumentasi masing-masing. Dari 'pertengkaran indah; itulah revisi puisi dilakukan seperlunya oleh masing-masing penyair.

Sementara itu, puisi yang sudah dianggap final, kami kirim ke email jagatsastramilenia.org untuk ditayangkan.

Inilah hasilnya: Puisi-puisi Writing Trip JSM #1

Laporan: Tim Kreatif JSM

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact