Laporan Ketua Panitia Lomba Baca Puisi Cinta Chairil Anwar 2022 - Jagat Sastra Milenia

JSM News

Laporan Ketua Panitia Lomba Baca Puisi Cinta Chairil Anwar 2022

Laporan Ketua Panitia Lomba Baca Puisi Cinta Chairil Anwar 2022

 LAPORAN KETUA PANITIA LOMBA BACA PUISI CINTA CHAIRIL ANWAR 2022



Assalamualaikum warahmatullahi wabarraktuh.


Salam sejahtera bagi kita semua.

Shalom.

Om swastiastu.

Namo budaya.

Salam kebajikan.


Yang saya hormati:

Bapak Mochamad Nanang Suryana, Kepala Satuan Pelaksana PDS HB Jassin beserta staf jajarannya.

Ibu Evawani Alissa, putri tunggal dari mendiang Almarhum Chairil Anwar, penyair legendaris Indonesia.

Bapak Sutardji Calzoum Bachri, Presiden Penyair Indonesia, sekaligus sebagai  Dewan Juri pada acara kali ini.

Bapak Riri Satria, Ketua Komunitas Jagat Sastra Milenia.

Para Dewan Juri lainnya:

- Bapak Yahya Andi Saputra, Penyair dan Budayawan Betawi

- Bapak Imam Ma'arif, Penyair dan Penggerak Sastra

- Ibu Emi suy (Penyair, Pengurus JSM, serta Redaktur SastraMedia)

Para sahabat Jagata Sastra Milenia yang hadir pada hari ini.

Serta para peserta lomba serta para tamu yang berkenaan hadir dalam acara ini.


Pertama-tama mari kita panjatkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Karena atas izin-Nya-lah kita dianugerahi kesehatan sehingga bisa berada di ruang aula PDS HB Jassin ini.


Setelah melalui proses panjang diskusi ke diskusi selama lebih dari 2 bulan di internal Komunitas Jagat Sastra Milenia, akhirnya, komunitas Jagat Sastra Milenia memberi amanah kepada saya sebagai ketua panitia pelaksana untuk acara "Lomba Baca Puisi Cinta Chairil Anwar" ini, dalam rangka mengenang wafatnya satu abad Chairil Anwar. Terima kasih atas kepercayaannya dan Insyal Allah dilaksanakan sebaik-baiknya.


Chairil Anwar, pelopor penyair angkatan 45 yang nyata -nyata tiada terbantahkan. Keberaniannya mendobrak pola-pola puisi sebelumnya dengan bahasa ungkap paling liar di masanya menginspirasi kita semua serta menginspirasi banyak para penyair dan para pencinta puisi pada umumnya.


Dari itulah, kami komunitas Jagat Sastra Milenia yang didukung oleh Perpustakaan Jakarta melalui Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin serta Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DKI Jakarta ingin turut serta menyemarakkan seabad wafatnya salah seorang penyair besar pernah dimiliki Indonesia, Chairil Anwar.


Adapun tujuan utama dari perlombaan ini adalah untuk menghidupkan kembali spirit dari puisi-puisi Chairil Anwar di zaman sekarang, dari teks ke suara lalu menggema dalam jiwa kita. Terutama perihal CINTA sebagai INTI KEMANUSIAAN.


Ada salah satu perkataan dari seorang Chairil Anwar yang terkenal pada saat itu, pada saat melontarkan ungkapan kepada angkatan Pujangga Baru:

"Kalau penyair dari pujangga baru jatuh cinta, maka yang dilakukannya ialah membuat sajak tentang bunga mawar; kalau kami jatuh cinta, maka kami ajak si gadis ke restoran Baltic minum es krim!"


Izinkan saya atas nama panitia mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DKI Jakarta, Ibu Evawani Alissa, para dewan juri, sahabat Jagat Sastra Milenia serta semua hadirin.


Demikianlah laporan ini saya sampaikan. Dengan ini Lomba Baca Puisi Cinta Chairil Anwar dalam rangka mengenang Seabad Chairil Anwar saya nyatakan, siap untuk dimulai. Terima kasih.


Salam puisi untuk semua.


Wassalam

Dhe Sundayana (ketua panitia)

Rissa Churria (Wakil ketua panitia)


Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact