Yang Dilakukan Jagat Sastra Milenia Selama Setahun - Jagat Sastra Milenia

JSM News

Yang Dilakukan Jagat Sastra Milenia Selama Setahun

Yang Dilakukan Jagat Sastra Milenia Selama Setahun

YANG DILAKUKAN JAGAT SASTRA MILENIA SELAMA SETAHUN



Alhamdulillah, pada hari ini tanggal 10 Oktober 2021, komunitas JSM merayakan ulang tahun yang pertama setelah resmi berdiri pada 10 Oktober 2020. 


Jika melihat kepada sejarah pendirian setahun yang lalu, maka semua ini berawal dari berkumpulnya beberapa orang yang memiliki kesamaan visi untuk membuat rumah belajar bersama dalam rangka ikut serta memajukan kesusastraan Indonesia, maka muncul gagasan mendirikan sebuah komunitas sastra yang sanggup mewadahinya. 


Pada tanggal 10 Oktober 2020, para pendiri  komunitas atau deklarator yang mendirikan Jagat Sastra Milenia berdasarkan abjad adalah: Emi Suy, Neni Yulianti, Nunung Noor El Niel, Riri Satria, Rissa Churria, Sofyan RH Zaid, Veronika Ninik, serta Yoevita Soekotjo. Kemudian juga bergabung Khairani Piliang, Erna Winarsih Wiyono, Romy Sastra, Dhe Sundaya Perbangsa, Silvia Dee, serta Gambuh R. Basedo.


Kemudian beberapa pendiri menjalankan fungsi khusus di dalam mengelola komunitas supaya dapat berjalan dengan baik. Riri Satria ditunjuk sebagai ketua komunitas dengan wakilnya Nunung Noor El Niel, sekretaris adalah Veronika Nini,bendahara dijabat oleh Emi Suy, program kegiatan komunitas dikelola Rissa Churria, serta program pengembangan kompetensi dan publikasi dipercayakan kepada Sofyan RH Zaid. 


Pada gagasan mereka, komunitas sastra yang didirikan harus mampu menjadi rumah belajar bersama untuk meningkatkan kompetensi para anggotanya, didasarkan kepada persahabatan yang baik, serta memotivasi anggotanya untuk menghasilkan karya-karya yang berkualitas. 


SEMANGAT 5Q

Melalui berbagai diskusi bersama, akhirnya pemikiran yang menjadi roh aktivitas JSM dituangkan ke dalam satu gagasan utama, yaitu quality atau kualitas. Intinya, komunitas ini harus berkualitas, bukan hanya sekedar main-main. Gagasan utama ini diterjemahkan ke dalam lima sub-gagasan yang disebut dengan Semangat 5Q yaitu quality of learning (kualitas pembelajaran), quality of writing (kualitas tulisan karya sastra), quality of motivation (kualitas motivasi), quality of friendship (kualitas persahabatan), serta quality of management (kualitas manajemen organisasi). Lima dimensi kualitas inilah yang akan menjadi ruh atau semangat komunitas sastra yang akan dibentuk.


VISI DAN MISI

Visi komunitas Jagat Sastra Milenia adalah “Menjadi rumah belajar dan berkarya bersama dalam upaya memajukan kesusastraan Indonesia”. Untuk mewujudkan visi tersebut, dilakukan dalam beberapa jalan yang menjadi misi komunitas ini, yaitu: (1) membuat program pengembangan kemampuan menulis sastra, (2) melakukan pembinaan khusus untuk penulis pemula, (3) menyelenggarakan forum diskusi, (4) penerbitan karya dalam bentuk buku dan lainnya, (5) memanfaatkan kemajuan teknologi digital dan internet dalam aktivitasnya, serta (6) menjalin kerja sama dengan berbagai komunitas dan organisasi lainnya di dalam dan luar negeri.


LOGO DAN MAKNANYA

Logo Jagat Sastra Milenia terdiri dari tiga komponen, yaitu pena bulu ayam berwarna merah, buku, serta teknologi cloud di internet berwarna biru. Pena bulu ayam berwarna merah melambangkan aktivitas menulis yang lentur namun penuh keberanian. Sementara itu buku melambangkan keabadian karya, ilmu pengetahuan, dan pembelajaran. Sedangkan teknologi cloud di internet yang berwarna biru melambangkan kemajuan teknologi digital yang menghubungkan pelosok dunia, yang saat ini juga sudah memasuki dunia sastra. 


Dengan demikian, logo ini mengatakan bahwa komunitas Jagat Sastra Milenia itu merespon kondisi sosial masyarakat dan lingkungan hidup dengan menyuarakannya melalui tulisan dengan penuh keberanian dan tanggung jawab, berdasarkan ilmu pengetahuan, terus menerus belajar dan mengabadikan pemikiran lewat karya, serta tidak takut menghadapi disrupsi teknologi, bahkan memanfaatkan teknologi dalam aktivitas sastra.


RUANG BELAJAR DAN PENGEMBANGAN DIRI

17 Oktober 2020 JSM menyelenggarakan acara daring via Zoom yang pertama bertajuk "Growth Mindset dalam Menulis" berdasarkan buku “Mindset: Changing The Way You Yhink To Fulfil Your Potential” karya Carol S.Dweck (2017), dengan narasumber Riri Satria, dan diikuti sekitar 80 orang secara daring.


8 Januari 2021, JSM menyelenggarakan Workshop Penciptaan Puisi Tingkat Dasar dengan instruktur Sofyan RH Zaid. Topik yang dibahas adalah tentang bahasa puitis, proses penciptaan puisi, ciri puisi yang baik, dan beberapa hal mendasar lainnya. Acara kali ini diselenggarakan secara onsite atau offline alais luring.


Untuk mengembangkan wawasan di luar topik sastra dan penulisan, pada tanggal 6 Juni 2021, diselenggarakan "kuliah umum" oleh Ketua JSM, Riri Satria, dengan topik "Mengenali Gaya Sosial Anda dengan Social Styles Inventory Matrix, di Kafe Sastra, Balai Pustaka. 


Pada tanggal 24 September 2021, JSM menyelenggaran webinar bertajuk "10 langkah Menulis Esai yang Baik" dengan narasumber Riri Satria. 


PEMENTASAN PUISI 

20 Oktober 2020, JSM ikut serta dalam pementasan baca puisi daring bersama dalam rangka menyambut Sumpah Pemuda yang diselenggarakan oleh komunitas Meditasi Corona Virus (MCV) "1 Jam 20 Menit Sumpah Pemuda, dari Aceh sampai Papua, yang diikuti juga oleh para penyair dan seniman lainnya dari Aceh sampai Papua.


8 Desember 2020, JSM ikut serta dalam baca puisi untuk acara Malam Donasi Korban Banjir di Medan, diselenggarakan oleh grup Meditasi CoronaVirus secara daring.


JSM ikut memperingati Hari Puisi Dunia atau World Poetry Day pada tanggal 21 Maret 2021 dengan mengadakan acara Ngopi Pagi dan Puisi, di Cafe Cerita, Jakarta Timur. Pada acara tersebut, Riri Satria membacakan buku puisi "Winter in Paris", yang merupakan buku puisinya yang kedua, diterbitkan pada tahun 2017. Buku ini diluncurkan pada Ubud Writers and Readers Festival (UWRF) 2017. Acara dipandu oleh penyair Emi Suy.


Pada tanggal 1 April 2021, komunitas Meditasi Corona Virus (MCV) merayakan ulang tahun pertamanya, dan JSM ikut serta dalam pentas puisi untuk memperingati acara tersebut, dselenggarakan secara daring dari Aceh sampai Papua. Acara diselenggarakan di Kafe Lirik Kopi di Cibubur, dengan sutradara Devie Matahari.


JSM ikut serta dalam pentas Upacara Puisi dalam rangka menyambut Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, 17 Agustus 2021, yang diselenggarakan oleh komunitas Meditasi CoronaVirus, pentas seni daring live lewat Fabeook dari Aceh sampai Papua selama 1 jam 7 menit. Acara diselenggarakan di Kafe Lirik Kopi di Cibubur, dengan sutradara Devie Matahari.


RUANG BUAL COLACHINO

JSM sempat menyelenggarakan podcast Ruang Bual Colachino, sebuah podcast ngobrol sastra memanfaatkan media sosial multi-platform yang menampilkan berbagai pemikiran dari para tokoh, pelaku, dan pengamat sastra di Indonesia dan mancanegara. Acara ini diasuh oleh Rissa Churria dibantu oleh Nunung Noor El Niel dan Gambuh R. Basedo.


Beberapa tokoh dan topik yang pernah tampil adalah: Nia Samsihono (7 Oktober 2021) dengan topik bagaimana menulis sastra yang baik untuk penulis pemula, lalu Harris Priadie Bah (21 November 2020) dengan topik proses kreatif pada puisi dan teater, kemudian Devie Matahari (5 Desember 2020) dengan topik proses panjang jalan berkesenian serta proses kreatif dari teks puisi menjadi musik, serta 30 Januari 2021 bersama Kurnia Efendi dengan topik membangun ide kreatif sampai menjadi tulisan. 


Saat ini, untuk sementara podcast Ruang Bual Colachino dihentikan untuk pembenahan lebih lanjut.


FORUM DISKUSI BUKU DAN BACA PUISI

Pertama kalinya JSM menyelenggarakan acara diskusi buku dan baca puisi pada tanggal 17 Desember 2020, yaitu buku puisi "Jejak Kesaksian dan Sajak" karya tokoh teater Harris Priadie Bah. Pembahas adalah "Syekh" Sofyan RH Zaid dipandu oleh Riri Satria, di Cafe Cerita, Jakarta.


Dalam rangka menyambut Hari Puisi Dunia atau World Poetry Day 2021 tanggal 21 Maret 2021, JSM mengadakan acara Forum Diskusi dan Baca Puisi kedua, di Cafe Cerita, Jalan Otista Jakarta Timur, Sabtu tanggal 20 Maret 2021. Topik acara tersebut adalah Sunyi, Bunyi, dan Puisi,  bersama penyair Emi Suy, dengan pembahas  Eka Ardhinie, dosen Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Gunadarma serta Ketua Komunitas Perempuan Puisi 2019-2021. Acara dipandu oleh Riri Satria.


Dalam rangka menyambut bulan Ramadhan tahun 2021, JSM menyelenggarakan forum ketiga dengan topik Spiritualitas, Cinta, dan Puisi, bersama Rissa Churria, dengan pembahas Muhammad Rois Rinaldi, Koordinator Nasional Gabungan Komunitas Sastra ASEAN,  serta CEO Gaksa Enterprise dan Redaktur di biem.co. Acara dipandu oleh Riri Satria, di Cafe Cerita, Jakarta Timur, Minggu, 4 April 2021.


PENERBITAN BUKU

JSM di bawah naungan bendera JSM Press bekerjasama dengan TaresiBooks juga menerbitkan beberapa buku, yaitu Perempuan Pengantin Puisi dalam Opera Tujuh Purnama: Obituari Mengenang Yoevita Soekotjo (Juni 2021), Sampailah pada Bait Tearkhir (kumpulan puisi Yoevita Soekotjo, Juni 2021), Proposisi Teman Ngopi (buku trilogi kumpulan catatan ringan Riri Satria, Juni 2021), Sumur Umur (kumpulan puisi Nunung Noor El Niel, Oktober 2021) serta Bisikan Tanah Penari (kumpulan puisi Rissa Churria, Oktober 2021). 


Saat ini antologi puisi bersama JSM dengan topik Masyarakat Cerdas 5.0 dalam Puisi sedang dalam proses penerbitan. Proses kurasi sudah selesai dilakukan, namun masih ada yang harus dibereskan di sana sini sehingga masih membutuhkan waktu untuk menerbitkannya. Insya Allah dalam bulan November 2021 yang akan datang kita terbitkan.


SASTRAMEDIA

JSM percaya bahwa media masa depan adalah media daring, walaupun masih banyak orang yang menyukai media cetak kertas seperti buku dan majalah saat ini. Dengan berbekal paradigma tersebut, kami memiliki keinginan untuk memiliki sebuah media sastra daring, yang bisa dibaca oleh semua pihak, menerima tulisan dari pihak manapun, namun melalui sebuah proses evaluasi atau kurasi yang ketat. Ibaratnya ini adalah sebuah jurnal karya sastra yang layak diperhitungkan.


Atas saran Sofyan RH Zaid, Koordinator Pengembangan Kompetensi dan Publikasi JSM, daripada membangun dari nol atau scratch, sebaiknya Jagat Sastra Milenia mengambil alih pengelolaan media daring sastra yang sudah ada, kemudian dilakukan modifikasi seperlunya.


Ringkas cerita, setelah melakukan berbagai evaluasi, akhirnya pilihan jatuh kepada media daring SastraMedia, dan melalui kesepakatan tanggal 3 November 2020 antara Ahmad Nurullah (mewakili Sastra Media) dan Riri Satria (mewakili Jagat Sastra Milenia), maka resmi SastraMedia diambil alih pengelolaannya oleh JSM.


Beberapa komitmen pun disepakati, diantaranya SastraMedia akan tetap inklusif, memiliki manajemen mutu karya yang baik, tidak komersial, dan tetap dimaksudkan untuk ikut berkontribusi kepada dunia sastra Indonesia.


Pada hari ini, SastraMedia dengan wajah baru pun diluncurkan, bersamaan dengan website resmi JSM.


KERJASAMA

Dalam rangka ikut serta memperingati Hari Puisi Indonesia 26 Juli 2021, JSM bekerjasama dengan Yayasan Hari Puisi Indonesia akan menyelenggarakan webinar melalui Zoom bertajuk "Puisi dan Penyair dalam Era Masyarakat Cerdas (Smart Society) 5.0". 


Pembicara: Fikar W Eda (penyair), Maman S Mahayana (akademisi dan kritikus sastra), serta Riri Satria (akademisi dan praktisi transformasi digital serta pencinta puisi), dipandu oleh Eka Ardhinie (dosen Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Gunadarma). Acara diselenggarakan Jum'at 6 Agustus 2021. 


Salam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Komunitas Jagat Sastra Milenia (JSM) yang pertama, dan bekerja sama dengan Gerakan Puisi Menolak Korupsi (PMK) menyelenggarakan Roadshow ke-58 PMK yang diselenggarakan secara daring bertajuk "Korupsi di Korona" sekaligus meluncurkan buku antologi PMK VIII dengan tajuk yang sama Jum'at/8 Oktober 2021


Jadwal: 19.30-21.30. Avara adalah orasi PMK: Sosiawan Leak (Koordinator Gerakan PMK) , dilanjutkan talkshow dengan narasumber Nasir Jamil (Anggota Komisi III DPR RI), Acep Zamzam Noor (Penyair, Kurator Buku PMK VIII), serta dr. Sahadewa (Penyair, Kurator Buku PMK VIII), dipandu oleh Riri satria, dilanjukan pembacaan puisi oleh 11 penyair PMK se-Indonesia.


Insya Allah, jika semua berjalan lancar, JSM bekerjasama dengan Yayasan Hari Puisi Indonesia akan menjadi host pada seminar sastra pada peringatan puncak Hari Puisi Indonesia pada akhir bulan Oktober 2021 nanti, di Teater Kecil, Taman Ismail Marzuki, Jakarta.


IN MEMORIAM YOEVITA SOEKOTJO

Pada tanggal 16 Februari 2021, awan duka menyelimuri keluarga besar JSM, salah seorang pendiri JSM, Yoevita Soekotjo meninggal dunia setelah berjuang melawan Covid-19 yang akhirnya membawa Yoevita kembali berpulang menghadap Sang Khalik. Yoevita juga sudah menderita sakit selama satu tahun setelah sempat dirawat di rumah sakit selama sebulan pada Februari - Maret 2020. Selama setahun, walaua harus menjalani cuci darah 2x seminggu dan kontrol kesehatan yang ketat di bawah oengawasnan dokter, dia tetap menulis, dan akhirnya kumpulan puisi terakhirnya diterbitkan dalam buku berjudul "Akhirnya Sampailah pada Bait Terakhir". Semoga Yoevita bahagia menyaksikan acara kita ini dari alam sana. 


Acara "Mengenang Yoevita" dalam rangka memperingati 100 hari wafatnya Yoe juga sudah diselenggarakan di Kafe Sastra, Balai Pustaka, Jakarta., pada tanggal 6 Juni 2021 yang lalu, yang juga disiarkan secara daring melalui Zoom. Beberapa perwakilan sahabat dan keluarga memberikan testimoni tentang Yoevita dan membacakan puisi.


PENUTUP

Apakah dengan munculnya berbagai komunitas sastra seperti JSM ini akan membuat para sastrawan atau penulis sastra Indonesia terkotak-kotak? Jawabnya tidak, karena kita semua memiliki satu visi, yaitu memajukan kesusastraan Indonesia sehingga semakin berkualitas. Menurut hemat kami, komunitas hanyalah rumah belajar dan jalan untuk mewujudkan visi dan misi, dengan semangat atau nilai-nilai yang menjadi ciri khas masing-masing. Tujuan besanya sama, untuk Indonesia.


JSM pun membuktikan dalam setiap kegiatannya selama setahun ini selaku mengedepankan prinsip inklusivitas atau mengajak semua pihak. Hanya saja, karena kita masih dalam suasana pandemi Covid-19, prinsip inklusivitas ini masih dilakukan secara terbatas dan mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah.


Semoga JSM dapat menjadi rumah belajar bersama dalam rangka ikut serta memajukan kesusastraan Indonesia sesuai dengan yang dicita-citakan. 


Demikianlah, terima kasih.


Jakarta, 10 Oktober 2021


Riri Satria

Atas nama semua keluarga besar JSM

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact