Lomba Baca Puisi Cinta Chairil Anwar 2022 - Jagat Sastra Milenia

JSM News

Lomba Baca Puisi Cinta Chairil Anwar 2022

Lomba Baca Puisi Cinta Chairil Anwar 2022

LOMBA BACA PUISI CINTA CHAIRIL ANWAR 2022

Total hadiah apresiasi total Rp. 7.500.000



Dalam rangka menyemarakkan momentum Seabad Chairil Anwar, komunitas Jagat Sastra Milenia (JSM) didukung oleh Perpustakaan Jakarta - Pusat Dokumentasi Sastra (PDS) HB Jassin serta Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) DKI Jakarta, akan menggelar Lomba Baca Puisi Chairil Anwar.


Tujuan utama dari perlombaan ini untuk menghidupkan kembali spirit puisi-puisi Chairil Anwar di zaman sekarang, dari teks ke suara, lalu menggema dalam jiwa kita, terutama perihal CINTA sebagai INTI KEMANUSIAAN.


Kami mengundang semua kalangan, lintas generasi dan profesi untuk turut serta dalam Lomba ini dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:


1. Terbuka untuk umum dan tertutup untuk anggota JSM beserta keluarganya.

2. Tanpa dipungut biaya pendaftaran dalam bentuk apapun.

3. Datang langsung dan mendaftar di tempat saat acara (on the spot), tidak melayani pendaftaran di luar waktu dan tempat yang telah ditentukan. Kapasitas peserta adalah 30 orang.

4. Setiap peserta hanya boleh satu kali mendaftar dan membaca satu karya puisi Chairil Anwar.

5. Teks puisi yang akan dibacakan disediakan oleh panitia berdasarkan undian.

6. Waktu pendaftaran dibuka pukul 09.30 s/d 10.30 di lokasi acara, atau jika jumlah pendaftar sudah sampai 30 orang (setelah itu tutup).

7. Lomba digelar pada hari Sabtu, 23 Juli 2022, pukul 11.00 -- 16.00

8. Lokasi acara di PDS HB JASSIN, Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta pusat.


Insya Allah, acara ini akan dihadiri oleh Ibu Evawani Alissa, putri tunggal Chairil Anwar yang sekaligus akan menyerahkan hadiah kepada pemenang. Dewan juri terdiri dari Sutardji Calzoum Bahri (Presiden Penyair Indonesia), Yahya Andi Saputra (Penyair dan Tokoh Kebudayaan Betawi), Imam Ma'arif (Penyair dan Penggerak Sastra), Emi Suy (Penyair, Pengurus Jagat Sastra Milenia, serta Redaktur SastraMedia).

Pada acara tersebut, Riri Satria Ketua Komunitas JSM akan menyampaikan orasi budaya singkat bertajuk "Semangat Chairil Anwar di Era Masyarakat 5.0" Setiap peserta akan mendapatkan Sertifikat Keikutsertaan, serta kenang-kenangan dari Komunitas JSM.

Demikian pengumuman ini kami sampaikan. Kami menunggu kehadiran semua sahabat penyair dan pencinta puisi. Terima kasih.


Salam puisi untuk semua

Dhe Sundayana Perbangsa 

(Ketua Panitia)

Rissa Churria 

(Wakil Ketua Panitia)

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact